Sumber: Instagram @kwarnasgerakanpramuka
Delapan Metode Pendidikan Pramuka

Date

Beberapa nama telah muncul sebagai kandidat Ketua Kwarnas. Siapapun yang terpilih nanti semoga dapat memajukan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka XI rencananya akan digelar di Banda Aceh, Jumat, 1 Desember 2023 hingga Senin, 4 Desember 2023. Salah satu agenda Munas adalah pemilihan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka periode 2023 hingga 2028.

Beberapa nama telah muncul sebagai kandidat Ketua Kwarnas. Sebagai penggiat gerakan pramuka, saya secara pribadi berharap siapapun yang terpilih nanti dapat memajukan Gerakan Pramuka di Indonesia yang berdasarkan data memiliki anggota terbanyak di dunia.

Sebagai kegiatan ekstrakurikuler, pendidikan kepramukaan memiliki metode yang berbeda dengan pendidikan di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Kepramukaan memiliki ciri khas dalam menyampaikan pendidikannya melalui metode yang diberikan kepada peserta didik.

Ketika diberi kesempatan untuk menjadi pembicara pada Dialog Kebangsaan #1 bertajuk “Kepramukaan, Kepemimpinan dan Proyeksi Masa Depan Indonesia”, saya mengemukakan delapan metode yang diberikan atau digariskan dalam menyampaikan pendidikan kepramukaan sebagai berikut:

Pengamalan kode kehormatan pramuka

Pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.Salah satu contoh di dalam Tri Satya yaitu “Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku”. Dari janji tersebut terlihat jelas jika kehormatan seorang anggota pramuka jika disimpulkan terangkum dalam kata “dapat dipercaya”. Kepercayaan merupakan salah satu arti dari kehormatan pramuka yang memang harus dijunjung tinggi. Tri Satya ada tiga item, kemudian juga di Dasa Darma ada sepuluh janji yang perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Learning by Doing

Belajar sambil melakukan atau learning by doing ; menjadi penting karena kalau hanya belajar teori saja, tidak akan dapat melatih keterampilan/skill. Jika belajar sambil melakukan, juga akan melatih peserta didik dengan skill bagaimana melakukan sesuai dengan teori yang dipelajari.

Kegiatan berkelompok

Kegiatan berkelompok, bekerja sama dan berkompetisi; artinya pembina dan peserta didik belajar bermusyawarah, memimpin dan berinteraksi satu sama lain meskipun masing-masing memiliki perbedaan pandangan, kebiasaan, hingga cara berpikir. Melalui kegiatan berkelompok, para anggota Pramuka dapat saling mempelajari satu sama lain sekaligus dapat bertukar pikiran agar dapat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan secara bersama.

Kegiatan yang menarik dan menantang

Karena kegiatan pramuka mengedepankan skill, maka diberikan kegiatan-kegiatan yang menarik agar peserta didik tertarik dan tidak merasa bosan. Selain itu, kegiatan yang diberikan tentunya harus menantang, sehingga setiap peserta didik dapat merasakan dirinya menjadi tertantang untuk melakukan suatu kegiatan. Jika berhasil, kepercayaan diri peserta akan meningkat karena terbukti ternyata mereka dapat melakukannya. Namun jika belum berhasil, peserta juga dapat mengambil pelajaran dari kegagalan sehingga mengetahui kekurangannya dan kemudian dapat memperbaiki diri secara terus-menerus.

Kwarran Gerakan Pramuka Caringin menyelenggarakan Raimuna Ranting di Curugdengdeng, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor pada hari Jum’at (6/10/2023).(Sumber: Instagram @kwarnasgerakanpramuka)

Kegiatan di alam terbuka

Kegiatan di alam terbuka merupakan kegiatan yang kita lebih menantang /challenging karena para peserta bisa belajar memperhatikan kebiasaan-kebiasaan alam. Hal itu akan memberikan intuisi dan juga pengetahuan bagaimana berkompromi sekaligus beradaptasi dengan alam.

Bimbingan orang dewasa

Kehadiran orang dewasa yang memberikan bimbingan, dorongan dan dukungan; anggota pramuka dibagi dua. Pertama adalah peserta didik, kedua adalah orang dewasa. Orang dewasa harus terlibat di dalam metode kepramukaan karena dapat memberikan bimbingan atau contoh hingga dorongan dan dukungan terhadap setiap kegiatan yang diberikan dalam bentuk latihan kepada peserta didik.

Penghargaan

Penghargaan berupa tanda kecakapan; merupakan hal yang khas pada pendidikan kepramukaan, yaitu adik-adik peserta didik diberikan tanda kecakapan apabila telah memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan.

Satuan terpisah antara putra dan putri

Satuan terpisah antara putra dan putri; menjadi pedoman bagi kakak-kakak pembina sekalian bahwa ketika memberikan pendidikan kepramukaan, anggota putra dan putri harus dipisahkan. Demikian pula para pembina dan pelatihnya juga harus dipisah antara putra dan putri.

Demikianlah delapan metode pendidikan kepramukaan. Kedelapan dasar itu sangat dibutuhkan untuk membentuk sikap, perilaku hingga integritas sekaligus membentuk cara berpikir, bersikap hingga bertindak seorang peserta didik. Selain itu metode yang telah diuraikan juga sangat dibutuhkan untuk membentuk para peserta didik yang mengikuti kegiatan Pramuka menjadi seorang pemimpin.

Harapan yang besar selalu diletakkan di pundak seorang pemimpin. Jadi pemimpin dituntut agar dapat mengerjakan sebaik mungkin amanah yang diberikan kepadanya atau getting things done. Agar dapat meraih kesuksesan menjalankan amanah yang diberikan, seorang pemimpin tidak dapat bekerja seorang diri. Dia harus bekerja dengan beberapa atau bahkan banyak orang.

Seluruh sumber daya manusia (SDM) yang terlibat harus mampu digerakkan oleh seorang pemimpin untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Jadi, seorang pemimpin juga dituntut harus dapat memberikan pengaruh/influence kepada bawahan atau yang dipimpin. Terakhir, seorang pemimpin harus bisa memberikan motivasi kepada anak buahnya sehingga bersedia mengerjakan perintah yang diberikan sebagai upaya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demikianlah inti dari pemimpin (leader) dan kepemimpinan (leadership).

Semoga Munas Gerakan Pramuka XI yang akan digelar di Banda Aceh dan akan dibuka sekaligus dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, dapat memilih Ketua Kwarnas periode 2023-2028 untuk memimpin Gerakan Pramuka ke arah yang lebih baik.{}

Share this

Baca
Artikel Lainnya